Proses pemberian
layanan pelanggan yang ekselen (excellent
customer service), maka terdapat lima elemen kunci yang layak diperhatikan.
Kelima elemen kunci itu adalah sebagai berikut :
Elemen
1 : Reliabilitas
Aspek
ini mencerminkan kemampuan untuk memberikan apa yang dijanjikan – dengan andal
dan tepat serta akurat. Sebagai misal apakah ketika kita berlanggan akses
internet cepat Speedy, mereka mampu
memberikan layanan sesuai dengan yang diiklankan – yakni cepat, dan koneksi
tidak pernah putus.
Untuk
mampu memberikan reliabilitas maka langkah yang harus dilakukan adalah : 1) pastikan
bahwa pelayan telah mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan benar; 2)
janjikan hanya apa yang dapat ditepati dan 3) tindak lanjuti untuk memastikan
bahwa produk dan service telah diberikan sesuai dengan janji.
Elemen
2 : Assurance
Aspek
ini mencerminkan kemampuan untuk memberikan sesuatu yang dapat dipercaya
(terjamin keandalannya). Assurance terdiri dari kompetensi (competence), kesopanan (courtesy), kredibelitas (credibility), dan rasa aman (security).
Elemen
3 : Tangibel
Aspek
ini berkaitan dengan aspek fasilitas fisik atau peralatan serta penampilan
personal dari penyedia layanan. Strategi tindakan yang layak dilakukan antara
lain adalah menjaga ruang kerja terutama ruangan yang langsung bersinggungan
dengan pelanggan. Susunan barang-barang dengan teratur serta berperilaku dan
berpakaian secara profesional
Elemen
4 : Empati
Aspek
ini berkaitan dengan tingkat kepedulian dan perhatian individu yang diberikan
kepada pelanggan. Strategi tindakan yang dapat dilakukan antara lain adalah 1) mendengarkan
secara aktif pesan yang disampaikan pelanggan; 2) menempatkan diri anda dalam
posisi mereka dan 3) merespon secara tepat guna menjawab keinginan yang menjadi
perhatian mereka
Elemen
5 : Responsif
Aspek ini
mencerminkan kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan yang
cepat atau responsif. Kerelaan untuk menolong customers dan menyelenggarakan
pelayanan secara ikhlas seperti mengambil langkah dengan segera untuk membantu
pelanggan, dan memenuhi kebutuhan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar