Rabu, 13 Februari 2013

Pengertian dan Tujuan Interviu Kinerja

Kinerja adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu dalam bentuk tindakan, sehingga interviu kinerja dapat diartikan sebagai wawancara mengenai kinerja, bagaimana seseorang melakukan dan menghasilkan sesuatu dalam konteks ketenagakerjaan. Interviu kinerja didefinisikan sebagai diskusi antara supervisor dan bawahan mengenai kinerja karyawan yang dilakukan secara terjadwal (Baird, dkk. 1982).
Interviu kinerja dilakukan karena adanya kebutuhan untuk meningkatkan potensi kerja dalam perusahaan atau organisasi yang pada perkembangannya perusahaan atau organisasi memiliki siklus pengembangan  seperti rekrutmen, seleksi, orientasi, assessment skill, training, evaluasi, promosi, dan retensi (pemeliharaan keberadaan individu dalam organisasi).
Tujuan utama dari interviu kinerja adalah untuk memperbaiki performansi atau penampilan kerja dimasa yang akan datang. Tujuan ini akan terlaksana bila pengembangan organisasi juga berlangsung dengan baik, yaitu adanya peningkatan upah, penugasan, promosi, demosi serta PHK yang seimbang di semua unit dalam usaha organisasi tersebut. Interviu kinerja yang digunakan dalam evaluasi kinerja merupakan mekanisme timbal balik yang berlaku pada kedua belah pihak yaitu organisasi dan karyawan. Interviu kinerja memungkinkan organisasi melakukan akses pelatihan, kebutuhan pengembangan, peningkatan komunikasi karyawan, menciptakan suasana positif dalam rangka orientasi pada hasil melalui peningkatan kinerja dan pencapaian target. Tujuan terpenting bagi karyawan adalah kesempatan untuk mengetahui evaluasi kinerja selama mereka bekerja. Apakah secara tepat te;ah melakukan tugas, posisi dalam organisasi, serta efektivitas kerja yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar