Pengertian Excellent Service
Istilah
pelayanan prima, yang artinya adalah kepedulian kepada pelanggan dengan
memberikan layanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dari
mewujudkan kepuasannya, agar mereka selalu royal kepada perusahaan (Barata,
2004). Untuk mencapai suatu pelayanan yang prima pihak perusahaan haruslah
memiliki keterampilan tertentu, diantaranya berpenampilan baik dan rapi,
bersikap ramah, memperlihatkan gairah kerja dan sikap selalu siap untuk
melayani, tenang dalam bekerja, tidak tinggi hati karena merasa dibutuhkan,
menguasai pekerjaannya baik tugas yang berkaitan pada bagian atau departemennya
maupun bagian lainnya, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu mengerti dan
memahami bahasa isyarat (gesture)
pelanggan serta memiliki kemampuan menangani keluhan pelanggan secara
profesional.
Pelayanan
prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan
dan kebutuhan pelanggan, baik pelanggan didalam perusahaan maupun diluar
perusahaan.
Secara
sederhana, pelayanan prima (excellent
service) dapat diartikan sebagai suatu pelayanan yang terbaik dalam
memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima
merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Pelayanan yang
memenuhi standar kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan
kepuasan pelanggan/masyarakat.
Menurut Barata
(2004) pelayanan prima (service
excellence) terdiri dari 6 unsur pokok, antara lain :
1.
Kemampuan (Ability)
2.
Sikap (Attitude)
3.
Penampilan (Appearance)
4.
Perhatian (Attention)
5.
Tindakan (Action)
6.
Tanggung jawab (Accounttability)
Sedangkan
menurut Tjiptono (2008) pelayanan prima (service
excellence) terdiri dari 4 unsur pokok, antara lain:
1.
Kecepatan.
2.
Ketepatan.
3.
Keramahan.
4.
Kenyamanan.
Tujuan Excellent Service
Tujuan
pelayanan prima antara lain sebagai berikut:
1. Untuk
memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
2. Untuk
menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli barang atau jasa
yang ditawarkan pada saat itu juga.
3. Untuk
menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap pelanggan terhadap barang atau jasa
yang ditawarkan.
4. Untuk
menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudian hari
terhadap produsen.
5. Untuk
menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.
6. Untuk
menjaga agar pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya.
7. Untuk
mempertahankan pelanggan.
Dari
tujuan pelayanan prima tersebut diatas konsep tujuan utama dari pelayanan prima
adalah untuk memenuhi kepuasan pelanggan.
Fungsi
Pelayanan Prima
Pelayanan
prima berfungsi sebagai berikut :
1.
Melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat.
2.
Menciptakan suasana agar pelanggan merasa dipentingkan.
3.
Menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha.
4.
Menciptakan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa.
5.
Memenangkan persaingan pasar.
6.
Memuaskan pelanggan, agar mau berbisnis lagi dengan perusahaan.
7. Memberikan
keuntungan pada perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar