Rabu, 13 Februari 2013

Review Film Dangerous Methode



Judul
Dangerous Methode
Tahun
2011
Direktor / Produsen
David Cronenberg /  Jeremy Thomas & Tiana Alexandra
Pemain
Viggo Mortensen as Sigmund Freud
Michael Fassbender as Carl Jung
Keira Knightley as Sabina Spielrein
Vincent Cassel as Otto Gross
Sarah Gadon as Emma Jung
André Hennicke as Eugen Bleuler
Arndt Schwering-Sohnrey as Sandor Ferenczi
Vol. dan Halaman
Vol. VI no. IV halaman 336-348 – Journal APA

Sinopsis
Sabrina Spielrein tiba di Burghölzli, rumah sakit jiwa yang unggul di Zurich, dengan keadaan jiwa yang terganggu, ditangani oleh dokter muda, Carl Jung.  Masalah psikologis Spielrain berakar di masa kecilnya dimana ayahnya sangat keras dan sering memukulnya tanpa pakaian sehingga membuatnya terangsang. Spierlrein adalah keturunan Yahudi yang sangat cerdas dan berharap dapat menjadi dokter, yang akhirnya dapat ia raih. Dalam perjalanan pengobatan yang dilakukan bersama dengan Jung, lambat laun hubungan mereka menjadi semakin erat dan berujung pada perselingkuhan.
Jung pada awalnya memiliki hubungan baik dengan Freud namun perbedaan pendapat mengenai psikoanalisis menyebabkan hubungan baik mereka berakhir. Pada akhirnya sabrina bekerjasama antara Jung dan Freud.
Analisa Karakter / Psikologis
Sigmund Freud
-          Freud tipikal orang yang keras argumennya
-          Freud menyakini bahwa setiap masalah psikologis berasal dari gangguan seksual masa kecil, baik itu fakta / fantasi
-          Freud tidak mempercayai takhayul
-          Freud menyakini bahwa mimpi adalah gambaran bawah sadar yang kuat
Carl Jung
-          Menyakini bahwa tidak semua permasalahan berakar pada seksualitas seseorang
-          Collective unconscious terdiri dari jejak ingatan yang diturunkan dari generasi terdahulu, cakupannya sampai pada masa pra-manusia.
Sabrina Spielrein
-          Sabrina mengalami gangguan histeria dan orientasi seksual dimana mampu mencapai kepuasan dengan menyakiti anggota tubuh / masokisme
-          Sabrina merupakan perempuan yang cerdas
Otto Gross
-          Otto Gross menyakini pentingnya kebebasan dan besikap anti terhadap psikiatri, dan memiliki seksualitas yang tinggi.
-          Otto Gross. Dia mengutuk monogami secara umum dan menunjukkan bahwa perlawanan terhadap transferensi merupakan gejala dari represi normal, impuls seksual yang sehat, mendesak Jung untuk memanjakan dirinya dengan meninggalkan.
Teori
-          Histeria (sebab trauma masa kecil)
Histeria adalah gangguan mental yang timbul dari kecemasan intens. Hal ini ditandai dengan kurangnya kontrol atas tindakan dan emosi, dan dengan tiba-tiba kejang ketidaksadaran dengan ledakan emosional. Hal ini sering kali merupakan akibat konflik yang ditekan dalam orang. Penyakit ini muncul pada kedua jenis kelamin, tetapi jauh lebih sering terjadi pada wanita muda antara empat belas dan dua puluh lima tahun.
-          Asosiasi kata
Asosiasi kata adalahs salah satu teknik untuk menggali apa yang ada di bawah sadar seseorang dengan kata-kata yang keluar secara reflek atas apa yang tergambar dikepalanya.

-          Interpretasi Mimpi
Interpretasi mimpi (dream interpretation) atau sering juga disebut dengan dream analysis adalah suatu bagian penting dalam menganalisa perilaku dan kepribadian seseorang, termasuk bagian dalam melakukan penanganan psikologis khususnya melalui pendekatan psikoanalisa

-          Transferensi.
Transferensi merupakan fenomena dalam psikoanalisis yang ditandai dengan pengalihan perasaan alam bawah sadar dari satu orang ke orang lain. Salah satu definisi transferensi adalah "pengulangan tidak tepat yang terjadi dan memiliki hubungan yang penting dengan masa kecil seseorang." definisi lain adalah "pengalihan perasaan dan keinginan, khususnya yang dipertahankan secara tidak sadar dari masa kanak-kanak menuju objek baru." ada juga yang mendefinisikan lain yaitu "sebuah reproduksi emosi dan berkaitan dengan pengalaman yang ditekan, khususnya pada masa kanak-kanak, dan disubstitusikan pada orang lain ... dari objek aslinya sesuai dorongan yang direpresi"
-          Resistensi Jung dengan ide perselingkuhan, dan melanggar tabu seks dengan pasien, yang melemahkan oleh rahasia liar dan bertobat lain psikoanalis, brilian, berselingkuh tidak stabil yang datang di bawah perawatan, transferensi merupakan gejala dari represi normal,

-          Simbolism
Ketidaksadaran punya dua lapisan, yaitu ketidaksadaran individual yang isinya dibentuk oleh pengalaman-pengalaman pribadi yang digeserkan ke bawah sadar, dan ketidaksadaran kolektif (collective unconsciousness) Adanya ketidaksadaran itu bisa menjelaskan kenyataan bahwa baik dalam mimpi-mimpi individual maupun dalam budaya-budaya dan agama-agama yang berbeda, muncul motif-motif yang sama tanpa adanya hubungan tradisi satu sama lain atau diakibatkan oleh pengalaman konkret.
-          Kode Etik
Hubungan yang dijalin oleh Jung dan Sabrina, kini merupakan salah satu bentuk pelanggaran kode etik terkait dengan hubungan seksual psikolog dengan pasien yang tidak dibenarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar